Cara install Laravel dengan Composer

nesiasite.com | LARAVEL | 14 March 2021
Card image cap

Hallo kawan-kawan semua, pada postingan saya sebelumnya tentang Pengenalan Laravel, kini saya akan memberikan tutorial tentang cara installasi Laravel pada PC/Komputer/Laptop kalian.

Bagi teman-teman yang belum paham, Apa itu Laravel ? Kenapa Laravel Sih? kalu belum paham silahkan baca dulu Pengenalan Laravel.

Cara Mengginstall Composer di Windows.

  1. Silahkan kawan-kawan download dulu composer-nya disini.
  2. Kemudian, jalankan composer.exe nya.
  3. Centang saja shell menus untuk memudahkan kawan-kawan nanti pada saat menggunakan composer.
  4. Next saja, sampai di minta browse PHP sobat, silahkan browse dan cari php.exe di C:\xampp\php\php.exe, next.
  5. Finish.

Cara install Laravel di Windows

Jika kawan-kawan sudah meng-install Xampp dan Composer, kawan-kawan bisa memulai proses installasi Laravel di Windows. Berikut di bawah ini adalah Cara untuk meng-installasi Laravel di Windows.

1. Masuk Command Prompt.

Langkah pertama silahkan kawan-kawan buka Command Promt. Caranya klik Win+R lalu ketik cmd dan klik OK atau Enter pada keyboard.

2. Masuk ke folder yang teman-teman yang ingin untuk menyimpan Laravelnya nanti.

Sebelum kita mulai dengan proses installasi laravel, silahkan pilih dulu tempat untuk menyimpan file Laravel kawan-kawan. Misalnya disimpan pada Data D: folder laravel. Kawan-kawan bisa mengetikan di Command Promt seperti ini D: kemudian enter lalu jika sudah masuk ke Data D: silahkan ketik lagi cd laravel dan enter, maka kawan-kawan sudah ada didalam folder laravel.

3. Mulai proses install

Kemudian jika sudah masuk di folder Data D:/laravel, kawan-kawan harus ketikan perintah dibawah ini untuk memulai proses penginstallan. yang perlu diingat proses ini membutuhkan Internet ya kawan-kawan.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu

Jika perintah tersbut telah dijalankan, Composer akan melakukan proses pengambilan data serta installasi Laravel ke dalam folder yang telah kita pilih tadi.

4. Cek Installasi Laravel di Browser

Setelah proses download file Laravel selesai, nanti akan terdapat folder baru di dalam direktori yang tadi kita pilih dengan nama sesuai dengan yang tadi kawan-kawan buat

 

Untuk mematikan bahwa Laravel kita betul-betul sukses dan siap digunakan pada saat installasi. Mari kuita jalankan file Laravel tersebut dengan cara masuk ke Commant Prompt yang tadi kemudian ketikan :

php artisan serve

Jika muncul tulisan Laravel development server started pada Command Prompt atau Terminal maka selanjutnya silahkan kawan-kawan membuka link default dari Laravel di broswer http://127.0.0.1:8000. Jika sudah maka akan mucul seperti gambar dibawah ini :

Gambar diatas merupakan tampilan awal dari Laravel Versi terbaru Laravel 8.x

Jika teman-teman mendapatkan tutorial lain yang menginstall laravel dibawah versi 8.x maka akan berbeda dengan gambar diatas.

Jika muncul seperti pada gambar di atas, maka proses installasi Laravel anda telah berhasil.

Baca Juga : Cara Merubah Validasi Laravel Menjadi bahasa Indonesia

Sekian tutorial kita pada sesi ini, semoga artiel ini bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan. terimakasih

TAGS :

#laravel #php
Translate
Populer posts
Category
Archive

Postingan Lainnya

Card image cap
Pengenalan Laravel untuk permu...
Go somewhere
LARAVEL